AMANAT PRESIDEN JOKOWI DALAM RAKORNAS BUMDES 2021
Kabar Desa Media Desa

AMANAT PRESIDEN JOKOWI DALAM RAKORNAS BUMDES 2021

AMANAT PRESIDEN JOKOWI DALAM RAKORNAS BUMDES 2021 _ “Jangan sampai justru (BUM Desa) mematikan ekonomi rakyat yang sudah ada. Misalnya, di desa ada toko-toko yang kecil-keci 5-10, BUM Desa bikin toko yang lebih gede, yang 10 mati yang ini hidup gede. Bukan itu saudara-saudara,” jelas Jokowi sebagaimana disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022

“Ini harus memicu, mentrigger dari yang 10 jadi 20 (toko), yang 10 jadi menengah atau besar. Tugas-tugas itu yang kita inginkan, bukan mematikan yang sudah ada,” sambungnya.

Dia meminta agar BUM Desa membentuk usaha baru yang belum ada, namun dibutuhkan oleh masyarakat. Sehinggga, masyarakat desa tak perlu lagi pergi ke kota/kabupaten untuk mencari kebutuhan yang diperlukan.

Baca Juga : Download Format Pendukung BUMDes

“Masyarakat tidak harus ke kota kecamatan, tidak harus ke kota/kabupaten. Cukup di desa sudah terpenuhi dan tentu saja BUM Desanya mendapatkan keuntungan dari kegiatan itu,” katanya.

Selain itu, Jokowi ingin BUM Desa dapat mengkosolidasikan usaha rakyat untuk memudahkan pasokan. Misalnya, BUM Desa mengkonsolidasikan kebutuhan bahan baku untuk produksi sehingga memudahkan masyarakat.

Baca Juga : Aplikasi SDGs : Cara Masuk Dashboard Aplikasi SDGs Desa Tampilan Baru 2021

“Beli pupuk tidak usah sendiri-sendiri, bisa dikonsolidasikan di BUM Desa, bisa juga di tadi bekerja sama dengan perusahaan perkebunan untuk mengambil kegiatan misalnya transportasinya,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Salinan Permendesa 15 tahun 2021 : tentang Tata Cara Pembentukan Pengelola Kegiatan DBM PNPM MPD Menjadi BUM Desa Bersama

2 dari 2 halaman
Warga Desa Jangan Hanya Jadi Penonton
Jokowi akan meminta perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN di bidang pertambangan maupun perkebunan yang ada di desa untuk melibatkan BUM Desa dalam kegiatan usahanya.

Jokowi tak ingin masyarakat desa hanya menjadi penonton, sedangkan hasil perkebunan dan pertambangan diambil keluar desa.

“Jangan yang di desa hanya jadi penonton, lalu lalang, truk lalu lalang, hasil-hasil perkebunan yang gede-gede rakyat hanya menonton, melihat tambang diambil keluar dari desa, rakyat hanya melihat saja. Libatkan, nanti saya sampaikan dengan tegas melibatkan BUM Desa, BUM Desa bersama dalam kegiatan mereka,” tutur Jokowi.

 

AMANAT PRESIDEN JOKOWI DALAM RAKORNAS BUMDES 2021

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *