Kabar Desa Media Desa

Berita Honor pendamping lokal desa naik mulai 2022

Berita Honor pendamping lokal desa naik mulai 2022 _ Apakah benar ada penambahan rezeki untuk pendamping desa ? berikut ini informasi yang kami kutip dari berbagai media online.

Kabar gembira dalam rangka kenaikan gaji pendamping Lokal Desa tersebut disampaikan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar ketika berkunjung ke Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Sabtu 12 Juni 2021.

Berita Honor pendamping lokal desa naik mulai 2022 _ “Sebagaimana yang kita ketahui, pendamping desa merupakan anak kandung Kemendes PDTT. Oleh karena itu kinerja seluruh pendamping desa terus dicermati dan konsekuensinya adalah akan ada penambahan rezeki diawali untuk tenaga pendamping lokal desa, dan yang lainnya menyusul,” katanya, di Gorontalo Utara, Sabtu (12/6/2021).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, katanya dalam kunjungannya di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sabtu 12 Juni 2021. Namun dia tidak menyebutkan secara rinci berapa kenaikan tersebut, yang intinya Menteri Desa, memastikan honor pendamping desa naik pada tahun 2022.

 

Baca Juga :

  1. Wacana penurunan Dana Desa di 2022
  2. Sanksi Bagi Desa yang tidak melaksanakan BLT Desa di tahun 2021

  3. Cara Pendaftaran BUMDES Secara Online 2021

  4. UNDANGAN PROGRAM BEASISWA SARJANA DESA

 

“Sebagaimana dimaklumi, pendamping desa merupakan anak kandung Kemendes PDTT. Oleh karena itu kinerja seluruh pendamping desa terus dicermati dan konsekuensinya adalah akan ada penambahan rezeki diawali untuk tenaga pendamping lokal desa, dan yang lainnya menyusul,” katanya, di Gorontalo Utara, Sabtu.

Abdul Halim Iskandar selaku  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Menaikkan honor ini, jelas dia, untuk peningkatan kapasitas dan kualitas pendamping desa akan terus dilakukan.

“Saat ini kita fokus kepada para pendamping lokal desa, serta mengajak seluruh pendamping desa di tingkat manapun untuk berupaya melakukan pendampingan secara maksimal,” katanya.

Tujuannya, lanjut Menteri Desa (Abdul Halim Iskandar), agar terjadi percepatan pembangunan desa secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk itu, katanya, kinerja pendamping desa, khususnya pendamping lokal desa terus didorong, sehingga semakin maksimal melakukan pendampingan dalam upaya percepatan pembangunan desa untuk mewujudkan kemandirian desa dan kesejahteraan masyarakat, demikian Abdul Halim Iskandar.

Seperti sama-sama sobat pendamping desa kita diketahui, Pendamping Desa merupakan jabatan di bawah Kemendes PDTT yang dijabat sekarang ini adalah Abdul Halim Iskandar yang pembentukannya berdasarkan Undang-Undang (UU) Desa. Mereka sangat berperan dalam mendorong kemandirian desa.

Adapun tugas Pendamping Desa, di antanya sebagai berikut:

  1. Mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan erhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya.
  2. Mendampingi desa dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan sosial dasar, pengembangan usaha ekonomi desa, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna, pembangunan sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat desa.
  3. Melakukan peningkatan kapasitas bagi Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakat Desa dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
  4. Melakukan pengorganisasian di dalam kelompok-kelompok masyarakat desa.
  5. Melakukan peningkatan kapasitas bagi kader Pemberdayaan Masyarakat desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan desa yang baru.
  6. mendamping desa dalam pembangunan kawasan perdesaan secara partisipatif, dan
  7. melakukan koordinasi pendampingan di tingkat kecamatan dan memfasilitas laporan pelaksanaan pendampingan oleh Camat kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

 


MEDIA DESA.COM


PermenDesaPDTT Nomor 7 Tahun 2021 Ttg Perioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022

 

Permenaker No 16 Tahun 2021 | Tentang Berupa Subsidi Gaji/Upah (BSU)

 

Permendesa PDTT NOMOR 3 TAHUN 2021

 

Prioritas Dana Desa Tahun 2022

3 Replies to “Berita Honor pendamping lokal desa naik mulai 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.