Dana Bergulir Masyarakat Eks Program PNPM Wajib menjadi BUMDesa
Kabar Desa Media Desa Regulasi Desa

Dana Bergulir Masyarakat Eks Program PNPM Wajib menjadi BUMDesa

 

Dana Bergulir Masyarakat Eks Program PNPM Wajib menjadi BUMDesa _ PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA, dengan Nomor : 11 Tahun 2021, tentang Badan Usaha Milik Desa, yang ditetap oleh Presiden, Joko Widodo, dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yassona H. Laoly, pada tanggal 2 Februari 2021.

pada artikel kali ini pihak admin membahas PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA ini khusus dibagian BAB XVI, pasal 73, dengan bunyi ayat-ayatnya sebagai berikut :

Sebagaimana salah isi dalam peraturan ini yaitu pada BAB XVI, pasal 73 Ayat ke satu dengan bunyi “Pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan wajib dibentuk menjadi BUM Desa bersarna paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak Peraturan Pemerintah ini diundangkan”

Selanjutnya, pada ayat ke 2 dalam pasal 73 ini menjelaskan ” modal BUMDes bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bersumber dari modal bersama Desa-Desa dan modal masyarakat Desa”

Ayat ke 3 : Modal masyarakat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berasal dari keseluruhan aset yang dikelola pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan yang status kepemilikannya merupakan kepemilikan bersama masyarakat Desa dalam 1 (satu) kecamatan eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan.

Ayat ke 4 : Ketentuan mengenai besaran kepemilikan modal BUM Desa/BUMDes bersama yang dimiliki Desa atau bersama Desa-Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39 ayat (1) tidak berlaku bagi BUM Desa bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Ayat Ke 5 : UM Desa bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disebut lembaga keuangan Desa.

Ayat Ke 6 : BUM Desa bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat membentuk Unit Usaha BUM Desa bersama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ayat Ke 7 : Keuntungan yang diperoleh dari BUM Desa bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang merupakan porsi pengelolaan aset- eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan digunakan sebesar-besarnya untuk penanggulangan kemiskinan.

 

Dana Bergulir Masyarakat Eks Program PNPM Wajib menjadi BUMDesa

 

bagi sobat desa semua yang ingin mengetahui lebih lanjut ini keseluruhan PP nomor 11 tahun 2021 ini, sobat bisa download pada link dibawah ini.

 

DOWNLOAD PP NOMOR 11 TAHUN 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *