Gus Halim: Pemda Harus Manfaatkan Peran Strategis Kuatkan Desa
Kabar Desa Media Desa

Gus Halim: Pemda Harus Manfaatkan Peran Strategis Kuatkan Desa

Berita Gus Halim: Pemda Harus Manfaatkan Peran Strategis Kuatkan Desa terbaru hari ini 2021-10-22 01:57:33 dari sumber yang terpercaya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) mempunyai peran penting dalam menguatkan desa. Salah satunya dengan memberikan masukan dan pendampingan kepada pemangku kepentingan (stakeholder) desa dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Gus Halim mengatakan demikian saat audiensi dengan Bupati Jember Hendi Siswanto di kantor Kemendes PDDT. Dalam momen itu, ia bilang penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) pada pertengahan tahun mesti diikuti perumusan APBDes pada akhir tahun. Maka itu, menurut Halim pemda memang mesti aktif memberikan aksi pembinaan kepada desa.

“Agar musyawarah desa menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan berbasis data, bukan keinginan elite desa. Akan lebih bagus, jika aksi ini diawali dengan peningkatan dana ADD (alokasi dana desa) dari pemda kepada desa,” kata Halim, dalam keterangannya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Photo :Twitter @halimiskandarnuMendes PDDT Abdul Halim IskandarHalim mengatakan pemda Gus Halim: Pemda Harus Manfaatkan Peran Strategis Kuatkan Desa

 

“Penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) pada pertengahan tahun harus diikuti perumusan APBDes pada akhir tahun. Dalam proses ini, pemerintah daerah perlu melakukan aksi pembinaan kepada desa, agar musyawarah desa menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan berbasis data, bukan keinginan elite desa. Akan lebih bagus, jika aksi ini diawali dengan peningkatan dana ADD (alokasi dana desa) dari pemda kepada desa,” ujar Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan dari Bupati Jember, Jawa Timur Hendy Siswanto di Kantor Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Gus Halim-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-menjelaskan peran strategis Pemda dalam pembangunan desa, di antaranya adalah menyusun alokasi dana desa, menyetujui penetapan APBDes, membina Bumdes, memberikan surat kuasa pencairan dana desa, hingga memberikan pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa.

“Peran strategis ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh Pemda, sehingga desa-desa di wilayahnya mampu meningkatkan indeks desa membangun (IDM),” jelas Halim.Dia menekankan, Kemendes PDDT terus mendorong Pemda meningkatkan alokasi dana desa (ADD) untuk desa-desa di wilayahnya. Menurutnya, hingga 2021 ini, total APBDes desa bernilai Rp121 triliun.

“Jika dilihat dari 2015 memang ada tren peningkatan ADD dari Pemda untuk desa-desa di Indonesia. Ini tentu kita syukuri karena semakin besar ADD dikucurkan ke desa-desa maka proses realisasi pemenuhan kebutuhan desa akan semakin cepat terpenuhi,” tutur Halim.

Gus Halim menambahkan, pembangunan desa akan lebih efektif jika ada pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa. Hal ini memungkinkan pemerintah daerah untuk melibatkan pendamping desa. Menurutnya, komunikasi antara pendamping desa dengan pemerintah daerah masih sangat rendah.

“Nah, tentu yang harus inisiatif komunikasi ya Bupati, bukan pendamping yang kemudian mengajak Bupati. Wong ini rakyatnya. Nah, itu bisa dimanfaatkan, sehingga betul-betul dana desa itu, termanfaatkan mulai dari nasional, kabupaten sampai ke desa,” sebutnya.

Halim juga mengatakan, untuk memantau pemerintah daerah, penggunaan dana desa juga harus dipantau. Dengan begitu, dana desa benar-benar digunakan sesuai kebutuhan.

Selain itu, ia mengingatkan agar dana desa tidak melibatkan pihak ketiga dalam pembangunan apapun. Jika dana desa dikelola oleh pihak ketiga, maka uang dari sumber keuangan desa tidak dapat beredar di desa.

“Itu prinsip, agar duit berputar di desa. Kulinya harus dari desa, tukangnya dari desa, materialnya dari wilayah sekitar. Kalau pihak ketiga, bisa di mana-mana,” kata politikus PKB itu.

 

4 Replies to “Gus Halim: Pemda Harus Manfaatkan Peran Strategis Kuatkan Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *