Inilah Program Prioritas Dana Desa 2021 oleh Mendes PDTT
Kabar Desa Media Desa

Inilah Program Prioritas Dana Desa 2021 oleh Mendes PDTT

Inilah Program Prioritas Dana Desa 2021 oleh Mendes PDTT _ Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) menyampaikan tentang program prioritas dana desa tahun 2021. Penggunaannya lebih fokus pada tiga prioritas.

 

Kunjungi Juga :

1. Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Non Fisik Dana Desa 2021

2. Alokasi Dana Desa Terus Membengkak | Jadi Perbicangan Menarik

3. Sri Mulyani Meminta Pengawasan Belanja Dana Desa

4. Keputusan Menteri Desa PDTT | Nomor 40 Tahun 2021

 

Inilah Program Prioritas Dana Desa 2021 oleh Mendes PDTT

Pandemi Covid-19 juga menjadi pertimbangan prioritas dari penggunaan Dana Desa 2021, yakni terdapat tiga fokus anggaran desa.

Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Sesuai kewenangan desa, anggaran tahun ini untuk pemulihan ekonomi nasional. Terdiri atas, pengembangan, pembentukan, serta revitalisasi BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa. Lalu mengenai pengembangan usaha ekonomi produktif dan penyediaan listrik, terutama dikelola oleh BUMDes.

Pelaksanaan Program Prioritas Nasional

Dalam hal ini, prioritas berupa pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Harapan Mendes PDTT adalah percepatan di bidang digitalisasi ekonomi. Agar produk unggulan desa dapat terkoneksi dan terekspos dalam wilayah yang lebih luas.

Selain itu, program prioritas dana desa selanjutnya mengembangkan desa wisata, inklusi dan penguatan ketahan pangan. Terakhir adalah pencegahan stunting desa. Masyarakat diharapkan dapat tumbuh kembang yang baik.

Adaptasi Kebiasaan Baru, Desa Aman COVID-19

Dana desa dalam masa pandemi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Total manfaat langsung dana desa untuk warga desa lapisan bawah. Target desa tanpa ada kemiskinan, kelaparan, air bersih dan sanitasi, keterlibatan perempuan dan pertumbuhan ekonomi desa. 

Mendes PDTT juga mempunyai program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Berisikan tentang 18 poin, lalu sejalan dengan SDGs Nasional.

BUMDes telah berbadan hukum, dengan disahkannya UU Cipta Kerja Nomor 11  Tahun 2020. Fungsi BUMDes sebagai konsolidasi dan pemasaran berbagai produk desa.

Jadi, BUMDes merupakan investasi untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Kemudian, pengembangannya menjadi salah satu usaha untuk rebound ekonomi desa.

Selain prioritas program Dana Desa, Mendes PDTT juga membeberkan tentang penggunaannya. Harus sesuai dengan kewenangan desa, pengerjaannya secara swakelola dan yang paling penting dana ini tidak boleh dipihak-ketigakan. 

Pengerjaan program prioritas Dana Desa juga harus berdasarkan Metode Padat Karya Desa (PKTD). Baik itu ekonomi maupun infrastruktur produktif. 

 


Cara Membersihkan Lensa HP Dengan Bahan Rumahan Secara Praktis

Harga dan Spesifikasi Epson EcoTank L15150 A3 Mei 2021

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *