RAB Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko Desa Tahun 2021
Contoh Surat Kabar Desa Media Desa

RAB Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko Desa Tahun 2021

RAB Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko Desa Tahun 2021 _ Berikut ini Admin Membagikan contoh RAB Gratis yaitu Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Pelaksanaan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bapak Abdul Halim Iskandar merupakan salah satu puncak dari Pemerintahan Desa saat ini, yang memiliki jabatan sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, beliau mengeluarkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, (6/2/21)

Sehubungan dengan adanya Instruksi Bapak Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, maka kepala desa/ Keuchik membuat Anggaran Pendapatan Belanja Gampong/Desa Perubahan (APBG-P/APBDES-P), dengan mengalokaikan Dana Untuk Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko di Desa ini.

Dasar dari Instruksi Menteri Desa tersebut berdasarkan sInstruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Donwnload Juga : Contoh Surat Permohonan Pencairan ADD Tahap 2 Tahun 2021

Instruksi Mendes PDTT tentang PPKM

  1. melaksanakan PPKM Skala Mikro sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  2. memastikan Dana Desa Tahun 2021 dapat digunakan untuk kegiatan PPKM Skala Mikro sesuai dengan kewenangan Desa.
  3. melakukan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBG_P) untuk pelaksanaan kegiatan PPKM Skala Mikro di Desa.

Dalam hal ini Pemerintah Desa/Gampong juga diinstruksikan untuk melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

  1. melakukan pembinaan untuk meningkatkan disiplin warga masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) serta membatasi mobilitas atau pergerakan penduduk.
  2. membantu dan mendukung kelancaran pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Daerah (Pemda). 
  3. membentuk Pos Jaga Desa atau memberdayakan Pos Jaga Desa yang telah ada.
  4. menyiapkan tempat cuci tangan dan/atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer) serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan sesuai keperluan.
  5. menyiapkan dan/atau merawat ruang isolasi desa agar sewaktu-waktu siap digunakan ketika dibutuhkan. Serta terakhir, melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin dan melaporkannya kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah.

RAB Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko Desa Tahun 2021 _ Dasar-Dasar pedoman Pelaksanaan pembentukan Posko Desa ini sesuai Kebijakan Kemendagri dalam Penanganan Covid-19, yakni diantaranya ;

  • Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Covid-19 Di lingkungan Pemerintah Daerah;
  • Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2703/SJ tanggal 2 April 2020 hal Penanggulangan Dampak Covid-19 di Desa;
  • Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Desa Melalui Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (APBDesa)
  • Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 143/575/SJ tanggal 3 Februari 2021 hal Percepatan Penyaluran dan Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2021

Pemirsa sobat Desa semua yang ingin mendownload contoh 

Jika sobat desa membutuhkan contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Pelaksanaan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Admin bagikan Link yang Sobat bisa Download Gratis pada Link dibawah ini.

 

[button-green url=”https://asiagoogle.com/wp-content/uploads/2021/06/RAB-PPKM-Penanganan-Covid-19.xlsx” target=”_Center” position=”Center”]Download File Exel[/button-green]


Download Juga :

  1. CONTOH RAB PEMILIHAN KEUCHIK/KEPALA DESA

  2. RAB Pendataan SDGs Desa 2021


Selanjutnya :………….

 

 

4 Replies to “RAB Pemberlakuan PPKM dan Pembentukan Posko Desa Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *