TIGA PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA 2022
Kabar Desa Media Desa

TIGA PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA 2022

INI TIGA PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA 2022

 

Dalam memprioritaskan penggunaan dana desa untuk tahun anggaran 2022, kita tetap perlu mempertimbangkan upaya penanganan pandemi virus Corona 2019 (COVID19) dan dampaknya di desa, yang bertujuan untuk memperkuat adaptasi kebiasaan baru dan pemulihan ekonomi nasional dalam kesepakatan. dengan aparat desa.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Sosialisasi Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022 yang dideklarasikan dalam Keputusan Menteri Nomor 7 Tahun 2021 praktis Senin (20/9/2021).

Sugito, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan perdesaan, mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di lingkungan Kemendes PDTT sebelum menyebar ke seluruh Indonesia.

Sugito menyatakan bahwa pada 24 Agustus 2021, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2022 diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 7 tahun 2021.

Dalam Pasal 5 Bab II Permendes 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Dana Desa 2022 disebutkan paling tidak ada tiga prioritas desa yang harus dicanangkan dalam RKPD tahun anggaran 2022,

Berikut ini TIGA PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA 2022 yaitu:

  1. Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa,
  2. Program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, dan
  3. Mitigasi dan penanganan bencana alam dan nonalam sesuai kewenangan Desa.

Pada prinsipnya penggunaan Dana Desa untuk tahun anggaran 2022 dapat dipahami sebagai berikut:

a. Penggunaan Dana Desa untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan Kewenangan Desa tersebut di atas merupakan prioritas pencapaian SDGs Desa:

  1. Penanggulangan kemiskinan, untuk mewujudkan Desa tanpa kemiskinan,
  2. Pembentukan, pengembangan, dan peningkatan kapasitas pengelolaan badan usaha milik desa/badan usaha milik desa bersama untuk pertumbuhan ekonomi desa merata, dan
  3. Pembangunan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola badan usaha milik Desa/badan usaha milik desa bersama untuk mewujudkan konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan.

 

b. Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai dengan Kewenangan Desa tersebut di atas merupakan prioritas pencapaian SDGs Desa:

  1. Pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya memperluas kemitraan untuk pembangunan desa,
  2. Pengembangan desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi desa merata,
  3. Penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani untuk mewujudkan desa tanpa kelaparan,
  4. Pencegahan stunting untuk mewujudkan desa sehat dan sejahtera, dan
  5. Pengembangan desa inklusif untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh dalam pembangunan desa.

c. Penggunaan dana desa untuk mitigasi dan penanggulangan bencana alam serta tidak sesuai dengan kewenangan desa di atas menjadi prioritas pencapaian SDGs desa:

  1. Mitigasi dan penanganan bencana alam,
  2. Mitigasi dan penanganan bencana nonalam, dan
  3. Mewujudkan desa tanpa kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Selanjutnya pada Pasal 7, memuat Pendanaan Padat Karya Tunai Desa melalui Dana Desa, paling sedikit 50% (lima puluh persen) untuk upah pekerja dari dana kegiatan Padat Karya Tunai Desa yang termuat dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Desa.

Pemerintah desa wajib mengumumkan penetapan prioritas penggunaan dana desa. Dalam hal Pemerintah Desa tidak mempublikasikan penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa di ruang publik sebagaimana dimaksud dalam Badan Desa, Badan Desa wajib menyampaikan teguran lisan dan/atau tertulis.

 


MEDIA DESA

 

One Reply to “TIGA PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *