Tips agar laptop tidak lemot _ Ini Tutorial Mudahnya
Laptop

Tips agar laptop tidak lemot _ Ini Tutorial Mudahnya

Tips agar laptop tidak lemot _ Ini Tutorial Mudahnya.,,, laptop Semakin lama digunakan performanya semakin menurun. tanda laptop Anda sudah mulai lemot adalah aplikasi tidak secepat dulu membukanya atau Proses loading sudah melambat.

Empat Penyebab utama performa laptop anda Membuat lemot adalah sebagai berikut :

  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan, hal ini kinerja perangkat Laptop kita menjadi berat, sehingga lebih lama proses booting_nya.
  2. sistem operasi yang ketinggalan zaman.
  3. Umur harddisk sudah terlalu lama, agar tidak lemot ganti yang baru.
  4. kapasitas harddisk sudah penuh, sehingga ruang gerak leptop kita sempit, atau kinerja Laptop kita semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot.

Dengan kita mengetahui penyebab Laptop Lemot, anda bisa mulai mengatasinya laptop yang lemot secara mandiri tanpa harus dibawa ke servis center.

 

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat

 

Tips agar laptop tidak lemot _ Ini Tutorial Mudahnya :

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Apabila anda sudah terlalu banyak menginstal Aplikasi pada laptop kita miliki, sehingga membuat laptop kita memory penyimpanan pada local disk c penuh, akan menyebabkan Laptop kita menjadi Lemot atau membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

nah, permasalahan ini, maka kita Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai, atau aplikasi yang tidak sengaja mengistal saat kita lagi Brosing. selanjutnya anda uninstall Aplikasi yang tidak diperlukan tersebut.

2. Pakai Antivirus

Setelah anda melakukan uninstall Aplikasi ternyata Laptop anda masih juga Lemot, maka langkah selanjutkan pasang Antivirus dan scan laptop anda kemungkinan Laptop terkena virus atau malware, Selain itu, update selalu antivirus itu agar berbagai macam virus dapat terbaca dan Scan Antivirus Rutin.

3. Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Sebelum anda membeli, sudah harus tahu spesifikasi laptop yang kita beli laptop tersebut. dengan demikian anda mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya.

yang perlu diingat jangan pernah memaksakan kemampuan laptop. Pilihlah aplikasi yang ringan dan alternatif atau yang sesuai spesifikasinya, ini salah satu cara sehingga Laptop tidak lemot. 

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

jika anda memiliki laptop yang pesifikasinya kecil, maka jangan Menaruh banyak aplikasi di desktop, dan usahan Apalikasi jangan terlalu banyak berjalan saat laptop kita startup, hal ini juga membuat laptop kita menjadi lemot.

5. Tambah Kapasitas RAM

laptop kita lemot sangat terpengarus pada kapasitas RAM, mungkin anda saat membeli laptop dengan kapasitas RAM 4 GB, terkadang kita mempunyai dana lebih, makan segera menambah Kapasitas RAM  8 GB atau RAM 16 GB bisa sesuai dengan kebutuhannya.

6. Ganti Memori HDD Menjadi SSD

Hardisk juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot, apalagi Hardisk yang kita miliki HDD otomatis kecepatannya relatif lambat. 

Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya anda menggantikan Hardisk yang awal kita punya HDD gantikan dengan Hardisk SSD, agar memiliki kecepatan booting jauh lebih cepat.

7. Pakai Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Anda tidak mengoptimalkan penggunaan laptop, sehingga membuat Laptop kita Lemot. salah satu solusinya adalah menginstall software khusus yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar laptop kita lebih cepat.

Aplikasi yang dipakai untuk mengatasi hal tersebut sangat banyak, seperti : CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced System Optimizer, dan masih banyak lagi apalikasinya, nanti anda bisa cari Sofware lain yang sesuai dengan anda.

8. Instal Ulang Windows

Jalan keluar terakhir untuk mengatasi laptop kita lemot adalah dengan cara mengistal ulang Windows, kemungkin ada sofware yang sudah error, sehingga membuat kita menjadi lemot.


Itulah cara-cara mengatasi laptop lemot yang bisa admin bagikan. semoga dengan cara-cara tersebut bisa memperbaiki laptop anda yang lemot. bagi sobat semua yang sudah membaca artikel ini barang kali ada cara lain untuk mengatasinya, boleh dong berbagi juga.


Selamat Mencoba


Harga dan Spesifikasi Epson EcoTank L15150 A3 Mei 2021

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *